Selasa, 04 Januari 2011

CARA KERJA KINCIR ANGIN ?


Kincir angin merupakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Awal mulanya kincir angin digunakan pada zaman babilonia untuk penggilingan padi.

Penggunaan teknologi modern dimulai sekitar tahun 1930, diperkirakan ada sekitar 600.000 buah kincir angin untuk berbagai keperluan. Saat ini kapasitas daya yang dihasilkan kincir angin skala industri antara 1 - 4 mw.



Cara kincir angin bekerja sangat sederhana yaitu:
  • Angin akan meniup bilah kincir angin sehingga bilah bergerak
  • bilah kincir angin akan memutar poros didalam nacelle
  • Poros dihubungkan ke gearbox, di gearbox kecepatan perputaran poros ditingkatakan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox
  • gearbox dihubungkan ke generator. generator merubah energi mekanik menjadi energi listrik

  • dari generator energi listrik menuju transformer untuk menaikan tegangannya kemudian baru didistribusikan ke konsumen





    http://berita-iptek.blogspot.com/2008/04/cara-kincir-angin-bekerja.html

proses terjadinya pasang-surut air laut ?

Pasang surut laut adalah
gelombang yang dibangkitkan
oleh adanya interaksi antara
bumi, matahari dan bulan.



Puncak gelombang disebut
pasang tinggi dan lembah
gelombang disebut pasang
rendah.



Perbedaan vertikal
antara pasang tinggi dan pasang
rendah disebut rentang pasang
surut (tidal range). Periode
pasang surut adalah waktu
antara puncak atau lembah
gelombang ke puncak atau
lembah gelombang berikutnya.



Harga periode pasang surut
bervariasi antara 12 jam 25 menit
hingga 24 jam 50 menit.



Terdapat tiga tipe dasar pasang
surut yang didasarkan pada
periode dan keteraturannya,
yaitu pasang surut harian
(diurnal), tengah harian (semi
diurnal) dan campuran (mixed
tides). Dalam sebulan, variasi
harian dari rentang pasang surut
berubah secara sistematis
terhadap siklus bulan.



Rentang
pasang surut juga bergantung
pada bentuk perairan dan
konfigurasi lantai samudera.
Pasang surut laut merupakan
hasil dari gaya tarik gravitasi dan
efek sentrifugal. Efek sentrifugal
adalah dorongan ke arah luar
pusat rotasi. 



Gravitasi bervariasi
secara langsung dengan massa
tetapi berbanding terbalik
terhadap jarak. Meskipun
ukuran bulan lebih kecil dari
matahari, gaya tarik gravitasi
bulan dua kali lebih besar
daripada gaya tarik matahari
dalam membangkitkan pasang
surut laut karena jarak bulan
lebih dekat daripada jarak
matahari ke bumi.



Gaya tarik
gravitasi menarik air laut ke arah
bulan dan matahari dan
menghasilkan dua tonjolan
(bulge) pasang surut
gravitasional di laut. Lintang dari
tonjolan pasang surut ditentukan
oleh deklinasi, yaitu sudut antara
sumbu rotasi bumi dan bidang
orbital bulan dan matahari.
Pasang surut purnama (spring
tide) terjadi ketika bumi, bulan
dan matahari berada dalam
suatu garis lurus. Pada saat itu
akan dihasilkan pasang tinggi
yang sangat tinggi dan pasang
rendah yang sangat rendah.



Pasang surut purnama ini terjadi
pada saat bulan baru dan bulan
purnama.
Pasang surut perbani (neap tide)
terjadi ketika bumi, bulan dan
matahari membentuk sudut
tegak lurus. Pada saat itu akan
dihasilkan pasang tinggi yang
rendah dan pasang rendah yang
tinggi. Pasang surut perbani ini
terjadi pasa saat bulan 1/4 dan
3/4.



Pengetahuan tentang pasang
surut sangat diperlukan dalam
transportasi laut, kegiatan di
pelabuhan, pembangunan di
daerah pesisir pantai, dan lain-
lain. Karena sifat pasang surut
yang periodik, maka ia dapat
diramalkan. Untuk meramalkan
pasang surut, diperlukan data
amplitudo dan beda fasa dari
masing-masing komponen
pembangkit pasang surut.
Seperti telah disebutkan di atas,
komponen-komponen utama
pasang surut terdiri dari
komponen tengah harian dan
harian. Namun demikian, karena
interaksinya dengan bentuk
(morfologi) pantai dan
superposisi antar gelombang
pasang surut komponen utama,
akan terbentuklah komponen-
komponen pasang surut yang
baru..............
.byAli Handsome in yahoo Answer

mengapa air laut asin ?

Menurut ilmuwan seluruh air di permukaan bumi ini, kecuali air hujan asin, tapi kadarnya berbeda-beda. Air yang kita minum juga mengandung garam tapi sangat sedikit sekali sehingga tak terasa oleh lidah kita. Kalau air laut kadar garamnya sangat tinggi, kalau kita minum rasakan aja sendiri.


Mengapa Air Laut Terasa Asin......


Sumber garam berasal dari mineral-mineral yang terbentuk dan mengendap di lautan saat laut terbentuk. Dan juga di bawa oleh air sungai yang mengalir kelautan. Lama kelamaan air laut menjadi asin karena kadar garamnya semakin tinggi.


Kalau Air Sungai Masuk Kelaut, Kenapa Air Laut Tetap Asin?




Tentu kita berpikir Sungai-sungai besar seperti sungai Musi, Kapuas, Siak , Amzon, Nil, semuanya bermuara di laut. Tapi kenapa air laut tetap asin?

Jawabannya adalah karena proses alamiah yang diciptakan oleh yang maha kuasa. Kita tahu Air yang mengalir dari darat ke sungai akan di kembalikan lagi kedaratan melalui air hujan.

Saat panas terik air laut akan menguap ke udara (sedangkan garam akan tetap mengendap di lautan) sehingga membentuk awan, awan ini bergerak kedaratan, setelah matang akan turun sebagai hujan, air hujan ini akan kembali kelautan melalui sungai dan membaw berbagai mineral. Siklus air ini kan terus berulang dan air laut pun akan tetap asin.

Seberapa Asin kah Air Laut

Kadar garam (salinitas) bervariasi pada setiap lautan. Rata-rata salinitas Samudera sekitar 3,5%. Salinitas laut tertinggi terdapat di Laut Merah, Teluk Persia, kadar garamnya 4 %. Diperkirakan kadar garam laut di Bumi kita ini sekitar 5 x 10 pangkat 16 ton garam. Sebagai perbandingan Jika garam itu disebarkan di permukaan daratan di dunia ini tebalnya kira-kira 40 gedung bertingkat. Atau sekitar 1,02338 gram per kubik.

cara pesawat TERBANG


Prinsip dasar dari cara pesawat terbang untuk mengudara sama untuk semua pesawat, baik pesawat capung maupun pesawat super jumbo seperti Airbus A380.

Yang mempengaruhi pesawat unutk terbang adalah gaya - gaya aerodinamis yang mengenainya yaitu, gaya angkat (lift), gaya hambat (drag), gaya berat (grafitasi), dan gaya dorong (trust).





Gaya dorong pesawat kedepan didapat dari baling-baling yang berputar pada ujung pesawat (lihat gambar). Sedangkan gaya hambat merupakan pergesekan pesawat udara dengan angin. Karena pesawat udara mempunyai massa, maka gaya grafitasi akan membawa pesawat kebawah, untuk itulah gaya angkat diperlukan. Gaya angkat dihasilkan dari sayap pesawat udara.

Sayap pesawat udara ini yang memegang peranan kunci untuk mengkat badan pesawat. Penampang sayap ini biasanya disebut " aerofoil" Selama penerbangan udara mengalir ke atas dan bawah sayap. Udara yang megalir diatas sayap lebih cepat dari udara yang mengalir dibawah sayap, sehingga tekanan udara diatas pesawat lebih rendah.
Disaat yang bersamaan udara dibawah sayap dibelokan kebawah, sehingga terjadi gaya angkat (udara yang terdorong kebawah akan mendorong sayap keatas- gaya aksi reaksi).


                                                      CARA SAYAP PESAWAT UDARA  BEKERJA

Gaya dorong terhadap sayap dan tekanan udara yang rendah diatas sayap inilah yang di butuhkan untuk pesawat terbang di udara.


Pengertian Perpetaan



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DEFINISI PETA:  Gambaran/Informasi dari permukaan BUMI (dunia nyata dalam bentuk yang lebih kecil
                          yang di proyeksikan pada suatu bidang datar.


UNSUR-UNSUR YANG DI GAMBARKAN :Berupa Unsur Allam,unsur buatan manusia,yang di proyeksikan
                                                              secara tegak lurus(ORTOGONAL:ke bidang peta yang di maksud.)
                                                              INFORMASI kebumian yang ada di atas permukaan bumi.


PERPETAAN DI BAGI MENJADI :  PEMOTRETAN UDARA/gambar yang di ambil dari udara dengan cara
                                                    pemotretan.


KETERBATASAN-KETERBATASAN DALAM MEMPRODUKSI PETA:  
-KETERSEDIAAN TEKNOLOGI
-BIAYA YANG BESAR
-KETERBATASAN SDM MULTI DISIPLIN.


MANFAAT PETA: 
1>sebagai  proses perencanaan
2>sebagai pengambilan keputusan mungkin tidaknya kegiatan pembangunan di lakukan.
3>memantau proses kegiatan pembangunan.


Pengertian PETA :PETA MERUPAKAN GAMBARAN GLOBAL/ditail  DI MUKA BUMI SEHINGGA KITA DAPAT
MEMBAYANGKAN OBJEK-OBJEK PENTING(tergantung Tema petanya ) DI SUATU KAWASAN..
misalnya ; keberadaan tanah terhadap bidang lingkungan sekitar(LAND USE,keadaan TOPOGRAFINYA
(Kontur) Dll.


PETA MEMPUNYAI SIFAT KERUANGAN(Spasial)
Artinya : Segala sesuatu yang menyangkut suatu objek di muka bumi yang di gambarkan secara grafis
              dengan posisi tertentu.
Posisi tertentu berlaku UMUM TERIKAT pada orientasi tertentu sehingga dapat di REKONSTRUKSI kembali


MANFAAT PETA DALAM BIDANG TEKNIK SIPIL :
          - SEBAGAI DASAR PERENCANAAN DALAM MELAKUKAN DESAIN & TATA LETAK SUATU
            BANGUNAN
          - SEBAGAI DASAR DALAM MELAKUKAN REKONSTRUKSI PEMBANGUNAN FISIK DI LAPANGAN


JENIS-JENIS PETA : 1>PETA DASAR
                                  2>PETA TEMATIK
                                    
BERDASARKAN BENTUK SAJIAN JENIS PETA DAPAT DI BEDAKAN MENJADI 3 YAITU :
                                    1>PETA GARIS
                                      2>PETA FOTO
                                        3>PETA DIGITAL


SKALA PETA YAITU : PERBANDINGAN ANTARA JARAK DI PETA DENGAN JARAK YANG SESUMGUHNYA
                                 DI PERMUKAAN BUMI(Jarak Mendatar )


BENTUK PERYATAAN SKALA  PD PETA DI LAKUKAN DENGAN CARA :
                                         > S=S:D
                                           >S=SKALA
                                            >d=jarak peta
                                              >D=jarak di permukaan Bumi


Info Tambahan_________________________________________________________________________________


Peta dalam ilmu bumi:
Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi.

Banyak peta mempunyai skala, yang menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya. Kumpulan dari beberapa peta disebut atlas.



Syarat-syarat peta

1. Peta harus rapi dan bersih
2. Peta tidak boleh membingungkan
3. Peta harus mudah dipahami
4. Peta harus memberikan gambaran yang sebenarnya

Fungsi

1. Menyeleksi data
2. Memperlihatkan ukuran
3. Menunjukkan lokasi relatif
4. Memperlihatkan bentuk

Unsur-unsur

1. Judul Peta
2. Legenda / keterangan
3. Tanda arah / Orientasi
4. Skala
5. Inset
6. Sumber dan Tahun pembuatan peta
7. Simbol dan Warna
8. Proyeksi Peta

______________________________________________________________________________________________